Kecepatan pecah minimum

Kecepatan patah minimum adalah kecepatan keliling minimal yang harus dicapai oleh bahan abrasif yang berputar tanpa patah karena adanya beban gaya sentrifugal. Kecepatan patah minimum diatur menurut standar EN 12413, 13743, dan 13236 dan diberikan dalam satuan meter per detik (m/dtk). Kecepatan patah minimum dihitung dari kecepatan keliling yang diperkenankan (kecepatan kerja maksimum) dan faktor keamanan yang telah ditetapkan dalam standar EN yang berlaku menurut formula berikut ini:

Formel Mindestbruchgeschwindigkeit

vbruch = kecepatan patah [m/dtk]
vzul = kecepatan keliling tertinggi yang diperkenankan (kecepatan kerja maksimum) [m/dtk]
S = faktor keamanan

Sebagai anggota pendiri “Organisation for the Safety of Abrasives” (oSa), Klingspor mengedepankan pentingnya keamanan di semua produknya. Kepatuhan terhadap standar keamanan yang dijelaskan di dalam standar ini diverifikasi secara ketat. Verifikasi yang wajib dilakukan di antaranya adalah uji verifikasi kekuatan dari kondisi patah melalui pengujian gaya sentrifugal (disebut dengan uji patah), di mana tool yang diuji (misalnya SMT, cutting-off wheel, abrasive mop wheel) diletakkan di unit pengujian yang sesuai dan kemudian kecepatan putaran ditingkatkan melalui gaya sentrifugal hingga ke kecepatan patah minimum, dan bahkan di Klingspor kecepatan putarannya ditingkatkan sedikit lebih tinggi.
Untuk memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam EN 13743, tool yang diuji tidak boleh patah.

Uji verifikasi kekuatan dari patah dilakukan pada sampel untuk setiap 1000 SMT, cutting-off wheel/grinding disc, abrasive mop wheel dan sebagainya pada saat diproduksi. Dengan demikian pengguna bisa yakin, bahwa produk dari Klingspor selalu menawarkan tingkat keamanan tertinggi sesuai dengan standar dan pedoman keamanan yang berlaku.

 

Produk yang sesuai

Kembali ke Tentang teknik abrasif