Kode Etik Klingspor

Kode Etik ini merupakan penjabaran singkat dan jelas tentang tata nilai dasar yang diterapkan di Klingspor. Bilamana Anda mengalami situasi tertentu yang membuat Anda ragu dalam mengambil sikap, Kode Etik ini dapat menjadi panduan dalam menentukan tindakan yang tepat.

Tentang Perusahaan

Klingspor merupakan perusahaan keluarga dengan tradisi yang berusia lebih dari 120 tahun. Didirikan di Jerman, Klingspor Group kini memiliki lebih dari 35 anak perusahaan yang tersebar di seluruh dunia.

Kesuksesan yang telah dicapai tidak terlepas dari keberadaan budaya perusahaan yang dibangun berlandaskan pilar berikut:

  • integritas hubungan bisnis
  • pertumbuhan yang berkelanjutan
  • kualitas dan keamanan produk
  • mendukung inovasi

 

Integritas Hubungan Bisnis

Nilai integritas dan keadilan merupakan penentu kebijakan perusahaan dan perilaku karyawan. Ini berarti setiap karyawan perusahaan di seluruh dunia yang berada dalam situasi meragukan perlu selalu berpedoman pada prinsip berikut ini:

"Klingspor mengharapkan semua karyawan hingga pimpinan untuk berlaku adil dan berintegritas—baik ke dalam mau pun ke luar perusahaan!"

Kepatuhan Terhadap Hukum

Setiap karyawan harus mematuhi aturan setempat yang berlaku di mana pun perusahaan berada, demikian juga dengan semua pedoman dan instruksi yang ada di dalam internal perusahaan. Keberhasilan Klingspor dapat tercapai berkat adanya persaingan usaha yang sehat. Oleh karena itu, setiap karyawan harus menghindari perilaku bersaing yang tidak sehat, terutama melakukan perjanjian yang tidak sesuai dengan iklim persaingan usaha, baik dengan pelanggan, pemasok, mau pun kompetitor, dan tidak melanggar undang-undang antimonopoli. Sejalan dengan undang-undang yang berlaku luas, komunikasi yang dilakukan dengan kompetitor mau pun di dalam asosiasi bisnis sangat penting untuk diperhatikan, hal ini untuk memastikan tidak ada pertukaran informasi yang berkaitan dengan monopoli yang dilakukan dengan sengaja. 

Antidiskriminasi

Perusahaan tidak memberi toleransi terhadap tindakan diskriminatif dalam bentuk apa pun, baik yang berkaitan dengan etnis, kebangsaan, jenis kelamin, latar belakang budaya, ras, usia, keterbatasan fisik, keyakinan agama, atau pun orientasi seksual. Segala bentuk pelecehan seksual atau pun perundungan dilarang di dalam Klingspor Group.

Tanggung Jawab dalam Penggunaan Fasilitas Perusahaan

Setiap karyawan diharapkan menggunakan fasilitas yang ada di Klingspor dengan penuh tanggung jawab seperti halnya milik mereka sendiri, namun tidak diperbolehkan untuk menggunakannya demi kepentingan pribadi dan meminjamkannya kepada pihak ketiga. Adanya pengecualian dari aturan ini harus disertai dengan izin tertulis sebelumnya dari atasan. Demikian pula dengan informasi internal perusahaan, terutama semua yang menyangkut rahasia dagang dan bisnis, hanya boleh digunakan, disimpan, atau diperbanyak untuk tujuan pengelolaan bisnis yang sesuai.

Menghindari Konflik Kepentingan

Adanya konflik kepentingan seringkali menimbulkan risiko bagi perusahaan dan menempatkan karyawan yang bersangkutan dalam situasi sulit, sehingga dapat memengaruhi karyawan tersebut dalam mengambil keputusan atau mempersulit pengambilan keputusan yang benar untuk kepentingan perusahaan. Oleh sebab itu, setiap karyawan perlu menghindari terjadinya konflik kepentingan sejak sedini mungkin. Setiap karyawan Klingspor tidak diizinkan untuk melibatkan diri dalam pekerjaan sekunder pada kompetitor, pelanggan, atau pemasok, serta tidak memberi kontribusi finansial terhadap pihak-pihak tersebut (terkecuali bila perusahaan tersebut terdaftar dalam bursa atau sudah mendapatkan izin dari atasan).

Peraturan umum yang berlaku mengharuskan setiap karyawan untuk melaporkan kepada atasan adanya hubungan keluarga, pribadi, atau pun finansial yang dapat memengaruhi dalam pengambilan keputusan secara objektif dalam situasi tertentu, sehingga atasan dapat mengambil keputusan selanjutnya sehubungan dengan hal ini.

Selama waktu kerja sehari-hari, setiap karyawan harus mencurahkan tenaga dan pikirannya untuk kepentingan perusahaan, yang berarti setiap karyawan tidak diperbolehkan mengambil pekerjaan lain di luar perusahaan maupun melakukan kegiatan pribadi selama jam kerja.

Antikorupsi

Klingspor Group tidak menerima segala bentuk tindakan korupsi. Detail dan petunjuk yang berhubungan dengan korupsi dapat ditemukan dalam Kebijakan Antikorupsi perusahaan yang bersifat mengikat bagi seluruh karyawan Klingspor Group.

Kasus korupsi setempat yang sifatnya relatif kecil dapat menimbulkan konsekuensi hukum setempat, yang dampaknya dapat berpengaruh negatif bagi seluruh grup perusahaan, karena hal ini dapat merusak reputasi Klingspor secara global dan bisa saja pelanggan berskala internasional dapat segera menghentikan kerja sama. Oleh sebab itu, segenap karyawan dan pimpinan perusahaan dalam Klingspor Group diminta untuk segera mengambil tindakan yang tegas terhadap setiap kasus korupsi dan memutuskan hubungan dengan mitra bisnis yang terlibat korupsi.

Sehubungan dengan masalah korupsi, seluruh karyawan Klingspor juga tidak dibenarkan untuk menggunakan posisi/jabatannya untuk meminta rekan kerja lain, khususnya yang merupakan bawahan, memberikan pelayanan bagi karyawan untuk urusan pribadi atau pun secara pribadi memberikan barang yang seharusnya tidak boleh diterima oleh karyawan.

Keamanan TI

Setiap karyawan Klingspor diwajibkan untuk mematuhi langkah keamanan dan petunjuk terkait pencegahan kehilangan data dan perlindungan dari kejahatan siber, sebagaimana diberikan oleh Departemen TI di Kantor Pusat di Haiger.

Setiap karyawan diharapkan untuk bertindak dengan penuh tanggung jawab dalam menggunakan peralatan kantor, agar dapat menghindari terjadinya kehilangan atau kerusakan pada data dan sistem TI. Di samping melakukan tindakan pencegahan umum, setiap karyawan diharapkan juga untuk sedapat mungkin hanya menyimpan data penting yang diperlukan serta menghapus data lama yang tidak lagi dibutuhkan dari perangkat portabel.

Setiap karyawan harus mematuhi undang-undang privasi data, baik yang berkaitan dengan data pribadi karyawan maupun dalam menangani data pihak ketiga, seperti pelanggan dan pemasok.

Pertumbuhan yang Berkelanjutan

Pertumbuhan perusahaan harus bersifat berkelanjutan, baik yang berhubungan dengan bisnis, maupun dengan para karyawan dan lokasi perusahaan.

Hubungan dengan Mitra Bisnis

Pertumbuhan yang berkelanjutan hanya dapat tercapai apabila setiap karyawan memahami cara mendapatkan pelanggan baru serta menjalin hubungan jangka panjang dengan para pelanggan lama demi mencapai kesuksesan bersama. Untuk mewujudkan hal ini, perusahaan harus berfokus agar proses penyediaan produk ke pelanggan berjalan dengan sukses dan berkesinambungan, baik yang menyangkut proses utama maupun proses sekunder yang berlangsung di dalam seluruh Klingspor Group. Setiap karyawan yang bekerja di departemen yang tidak berhubungan langsung dengan pelanggan juga perlu menyadari bahwa mereka secara tidak langsung merupakan bagian dari mata rantai kegiatan yang berhubungan dengan pelanggan. Oleh sebab itu, konsep layanan pelanggan tidak hanya berlaku untuk pihak eksternal, tetapi juga untuk pihak internal dalam Klingspor Group atau antardepartemen.

Perusahaan mendengarkan suara pelanggan dan berupaya memberikan jawaban yang jelas dan mudah dipahami. Setiap pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan harus segera dijawab dan disertai dengan solusi yang proaktif. Perusahaan berupaya memberikan layanan sebaik mungkin dan menepati janji pada para pelanggan. Apabila terdapat keluhan baru, perusahaan selalu berupaya untuk mencari solusi yang konstruktif baik untuk pelanggan maupun Klingspor.

Perusahaan juga senantiasa bertujuan membangun hubungan kemitraan jangka panjang dengan para pemasok yang telah teruji. Perusahaan memberi penghargaan terhadap terlaksananya perjanjian kerja sama yang konstruktif dan profesional, serta upaya bersama yang konstruktif dalam mencari solusi permasalahan baru. Seperti halnya yang dilakukan dengan para pelanggan, perusahaan menjalin komunikasi yang jelas dan berkesinambungan dengan para pemasok, serta berfokus untuk segera melakukan penanganan terhadap masalah yang sedang terjadi.

Kerjasama di Dalam Klingspor Group

Perusahaan percaya bahwa struktur hierarki yang jelas, akses langsung setiap saat dari karyawan ke atasan, serta komitmen jangka panjang dari karyawan merupakan kriteria penting yang menentukan kesuksesan jangka panjang serta kemampuan untuk menanggapi berbagai kebutuhan yang selalu berubah. 

Setiap karyawan bekerja sama satu sama lain dengan cara yang konstruktif, saling menghormati, dan saling percaya. Hal ini berarti setiap karyawan tidak hanya berusaha untuk menjawab pertanyaan rekan kerjanya, melainkan juga berkomunikasi secara terbuka dan jujur satu sama lain dalam menganalisis dan mencari solusi permasalahan.

Setiap karyawan Klingspor mengambil tindakan dan keputusan dengan berorientasi pada target dan dengan penuh tanggung jawab. Dalam menjalankan tugasnya, setiap karyawan memahami bahwa para rekan kerja dan atasan mengandalkannya untuk menyelesaikan tugas dengan cara yang benar, sesuai jadwal, dan bertanggung jawab.

Setiap karyawan memahami bahwa kesuksesan budaya inovasi dan perilaku yang bertanggung jawab terhadap satu sama lain juga tidak terlepas dari bersikap penuh tanggung jawab saat terjadi kegagalan, yaitu ketika suatu tindakan yang logis dan sesuai prosedur telah dilakukan namun tidak membuahkan keberhasilan.

Aturan yang tidak memperbolehkan mengkonsumsi minuman beralkohol selama waktu bekerja berlaku tidak terbatas hanya di negara dan wilayah di mana konsumsi alkohol dan lainnya dilarang.

Saat menghadiri jamuan bisnis dan acara serupa, setiap karyawan diharapkan untuk menerapkan aturan tersebut di atas dengan bijaksana.

Perilaku dalam Kegiatan Bisnis Sehari-hari

Setiap karyawan harus bersikap sopan dan hormat saat berhadapan dengan mitra bisnis, rekan kerja, dan karyawan lainnya. Setiap karyawan perlu menyadari bahwa penampilan dan tutur kata, serta perilakunya mencerminkan reputasi pribadi maupun Klingspor, dan oleh karenanya setiap karyawan perlu berusaha untuk selalu berpenampilan dan berperilaku profesional yang mencerminkan nilai-nilai yang disebutkan dalam Kode Etik ini.

Standar Kerja

Setiap karyawan di Klingspor harus memastikan untuk menghindari dan mengurangi risiko yang mungkin bisa terjadi pada masyarakat dan lingkungan sekitar, serta berupaya menghemat sumber daya yang ada. Perusahaan senantiasa memprioritaskan keamanan, yang berarti semua produk yang dihasilkan telah sesuai standar keamanan yang berlaku baik di Jerman maupun global. Dalam internal perusahaan, standar keselamatan kerja dan kelestarian lingkungan juga diterapkan di semua lokasi perusahaan dan terutama di setiap pabrik, sehingga risiko yang dapat menimpa karyawan dapat dihindari.

Klingspor menentang segala bentuk pelanggaran yang berkaitan dengan pekerja anak dan kerja paksa, dan tidak menerimanya dari mitra bisnis perusahaan. Sejalan dengan hal itu, Klingspor mendukung pernyataan yang tertera dalam standar ketenagakerjaan inti dari ILO (International Labour Organisation).

Kualitas dan Keamanan Produk Kami

Klingspor merupakan pemasok bahan abrasif berkualitas tinggi. Para pelanggan merasa puas terhadap produk serta layanan pelanggan yang berkualitas prima.

Kualitas produk yang dihasilkan dijamin oleh standar produksi tertentu dan tidak dipengaruhi oleh lokasi perusahaan. Untuk mencapai hal tersebut, proses produksi selalu dijalankan sesuai dengan ketentuan baik di setiap lokasi produksi maupun manufaktur. Adanya perbaikan dan pengembangan secara berkesinambungan dalam proses produksi menjamin kualitas produk yang dihasilkan.

Keamanan pengguna merupakan prioritas utama perusahaan dalam mengembangkan produk maupun teknologi produksi. Oleh sebab itu, Perusahaan memandang penting keanggotaannya dalam Organisation Safety of Abrasives (OSA) dan menghargai setiap produsen bahan abrasif lainnya yang bergabung dalam OSA.

Budaya Inovasi

Sejarah perjalanan grup perusahaan selama lebih dari 100 tahun hingga menjadi salah satu produsen bahan abrasif terkemuka di dunia dengan lebih dari 35 anak perusahaan tidak dapat dilepaskan dari jiwa bisnis yang selalu berfokus pada tujuan mengembangkan grup perusahaan secara berkesinambungan dan berkelanjutan.

Untuk mencapai hal tersebut, perusahaan perlu didukung dengan pola pemikiran dan inisiatif yang bersifat inovatif pada setiap tingkatannya. Hal ini mencakup kesanggupan untuk secara konstruktif mempertanyakan setiap hal yang telah ada, serta keterbukaan diri untuk selalu sigap dan aktif dalam mendorong terjadinya perubahan yang berarti dalam perusahaan.

Di masa mendatang, budaya inovasi ini memungkinkan perusahaan dalam menyediakan produk dan solusi tepercaya yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dalam kondisi pasar yang selalu berubah cepat serta di tengah kemajuan teknologi yang terus-menerus.

Pelanggaran Kepatuhan

Apabila Anda mendapati adanya karyawan yang melanggar Kode Etik ini, dimohon untuk segera memperingatkan rekan kerja Anda. Apabila pelanggaran ini dilakukan secara berulang atau jika terdapat pelanggaran lainnya, Anda dapat menghubungi atasan, manajemen setempat, manajemen MKG, atau Compliance Officer. Apabila karena alasan pribadi Anda tidak dapat melakukan hal tersebut, Anda dapat mengikuti prosedur Ombudsman.

Prosedur Ombudsman

Penanganan keluhan dan praktik bisnis yang tidak benar harus dilakukan demi kepentingan Klingspor serta setiap karyawannya. Oleh karenanya, adanya pelanggaran kepatuhan perlu disampaikan dan diselesaikan secara terbuka dan langsung. Apabila karena alasan pribadi seorang karyawan tidak dapat menyampaikan kondisi yang dialaminya secara terbuka, karyawan lainnya di dalam lingkup Klingspor Group dapat menghubungi Ombudsman secara rahasia dan anonim, tanpa perlu mengkhawatirkan konsekuensi individu yang mungkin terjadi. Namun, prosedur Ombudsman ini tidak dapat ditempuh untuk menyelesaikan perbedaan pendapat sehari-hari yang dapat terjadi antara seorang karyawan dengan atasannya.

Anda dapat menghubungi Ombudsman melalui email maupun telepon. Hubungi: omb@klingspor.de tel. +49 (2773) 922-388.

Setiap manajemen di perusahaan Klingspor harus memastikan bahwa semua karyawan telah mendapat informasi seputar peran Ombudsman serta mengetahui detail kontak yang terkini.

Versi: 09.11.2018